Pages

01 November 2012

Sejarah Australia dan Oceania

UJIAN SEJARAH AUSTRALIA DAN OCEANIA
1.     Hubungan Indonesia dengan Autralia:
a.    Pra kemerdekaan
Hubungan Indonesia dengan Autralia pada masa pra kemerdekaan dapat dikatakan sangat baik, karena Autralia mendukung penuh Indonesia dalam upaya membebaskan diri dari tangan Belanda. Hal ini dapat ditunjukkan ketika Australia minta bantuan dewan keamanan PBB, agar agresi militer Belanda ke Indonesia dihentikan, supaya Australia merasa berjasa pada Indonesia. Australia merasa dirinya menjadi “bidan”, kemerdekaan Indonesia atau Indonesia sebagai ciptaannya. Selain itu, aksi militer Belanda (AMB) I pada bulan Juli 1947 Autralia adalah negara Barat yang paling bersimpati kepada Indonesia atas tuntutan status merdeka secara internasional. Dengan diselenggarakannya KTN (Komis Tiga Negara) yang berubah menjadi UNCI, berakhir dengan KMB dan Belanda pun mengakui kemerdekaan Indonesia. Namun, masalah yang timbul yakni masalah perebutan Irian Barat antara Indonesia dengan Belanda.
b.   Masa orde lama
Pada masa ini hubungan Indonesia dengan Australia mulai emburuk. Hal ini terjadi ketika Indonesia tetap kukuh mempertahankan Irian Barat. Namun, dalam hal ini Autralia tidak setuju apabila Irian Barat jatuh ke tangan Indonesia, pihak Australia lebih setuju apabila Irian Barat jatuh ke tangan Belanda. Selain itu di masa Orde Lama, Australia turut andil dalam menggagalkan upaya Indonesia melakukan konfrontasi terhadap Malaysia di Kalimantan Utara meliputi Brunei, Sabah, Sarawak pada 1961-1965. Pengepungan besar-besaran pasukan militer TNI selama 68 hari pangkalan Angkatan Laut Malaysia di kawasan Semporna pada 1 Juli 1965 digagalkan oleh pasukan militer Australia yang bahu-membahu dengan pasukan Inggris, India dan Malaysia. Tak kurang sekitar 2.000 tentara dan milisi Indonesia tewas dalam pertempuran di Kalimantan Utara. Tercatat juga 200 serdadu Inggris dan Australia tewas selama pertempuran.
Australia beranggapan perubahan terjadi ketika Spender dari partai liberal (Belanda) menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, terhadap Irian Barat ia beranggapan bahwa::
·      Irian Barat merupakan pertahanan terakhir Australia dari segala kemungkinan adanya serangan dari arah utara.
·      Masa depan Irian Barat sangat penting bagi Australia karena Irian barat sangat strategis bagi Australia
·      Karena itu di depan sidang Majelis Umum PBB tahun 1950, ia berharap dengan pihak Indonesia jika sampai terjadi perundingan dan Belanda melepaskan Irian Barat ke Indonesia maka Australia akan kehilangan Irian Barat.
·      Irian Barat tidak layak untuk Indonesia karena Australia anti komunis, sedangkan pada waktu itu partai komunis Indonesia memiliki sifat otensif. Ketegangan hubungan Indonesia dengan Australia salah satunya karena masalah Irian barat.
Sengketa atau masalah Irian Barat berakhir dengan ditandatanganinya persetujuan NewYork pada tanggal 15 Agustus 1963 oleh delegasi Belanda(Menteri Luar Negeri)dan delegasi Indonesia(Menteri Luar Negeri Subandrio) yang menyatakan Irian Barat jatuh ke tangan Indonesia.
c.     Orde baru
Di masa Orde Baru, Presiden Soeharto mencoba membangun hubungan yang lebih harmonis dengan Australia. Berbagai kerjasama bilateral disepakati ketika itu, namun ketika Soeharto mengintegrasikan Timor Timur ke wilayah NKRI, kembali menegang hubungan Indonesia-Australia.

Awalnya Australia mendukung langkah Indonesia mengintegrasikan Timor Timur, sebab Australia khawatir ideologi komunisme yang dianut Fretilin makin berkembang jika Indonesia tidak menduduki Timor Timur. Namun ketegangan terjadi ketika lima jurnalis asal Australia tewas pada 16 Oktober 1975 di Kota Balibo saat meliput Operasi Seroja.
Ketika Timor Timur berhasil diintegrasikan ke dalam NKRI pada 1978, Australia sebagai tetangga terdekat dengan Indonesia memandang sebagai ancaman nyata.mAustralia menuduh Indonesia melakukan pelanggaran HAM berat selama Operasi Seroja. Bahkan Australia juga menuduh Indonesia melakukan pelanggaran yang sama di Papua.mAkibatnya Kopassus, pasukan khusus TNI AD mendapatkan embargo oleh Amerika Serikat. Kopassus diber cap sebagai pasukan pembunuh tak berperikemanusiaan.
d.   Masa Reformasi
Memasuki Era Reformasi, hubungan Indonesia dan Australia menegang ketika referendum kemerdekaan Timor Timur dari Indonesia pada 1999.

Presiden BJ Habibie mengaku mendapat tekanan dari Perdana Menteri Australia John Howard untuk secepatnya melepaskan Timor Timur melalui referendum. Pada 1998, Howard menulis surat kepada Habibie yang mendukung kemerdekaan Timor Leste.

Pada saat referendum dilakukan yang berujung pada kemerdekaan, Australia menerjunkan pasukan perdamaian untuk mengamankan pelaksanaan referendum. Pengiriman pasukan ini dianggap sebagai penghinaan terhadap kemampuan keamanan Indonesia. Hubungan Indonesia dan Australia kembali harmonis ketika Bom Bali meledak pada 2001. Karena kebanyakan korbannya adalah warga Australia, kemudian Indonesia bekerjasama dengan Australia melakukan operasi pemberantasan teroris hingga saat ini.
2.     New Zealand adalah salah satu Negara persemakmuran Inggris, sebagai bagian dari persemakmuran tentunya memiliki sejarah dan konsekuensi penting yang harus diterima oleh New Zeland.
a)   Kolonisasi Inggris di New Zealand
Kolonisasi Inggris di New Zealand dimulai dari kedatangan salah seorang berkebangsaan Inggris yang bernama James Cook yang mendarat di North Island ia pun memetakan semua pulau yang telah ditemukannya dan kembali lagi pada tahun 1772 dan 1777 ke New Zealand.
Keberhasilan Cook yang telah mengunjungi Selandia Baru dan membeuat pemetaan yang baik mengenai daerah ini. Hasil peneitan Cook mendorong orang-orang Inggris yang telah bermigrasi ke Selandia Baru yaitu narapidana yang melarikan diri dari Australia, para pedagang yang mau mencari peruntungan, para bajak laut, bandit yang menyembunyikan diri.
Dari tahun ketahun para misionaris berusaha membangun masyarakat di Selandia Baru, bahkan Marsden juga memperjuangkan agar Inggris segera menjadikan Selandia Baru sebagai daerah koloni. Keberhasilan Prancis dan keberhasilan penduduk Australia telah menorng Inggris membentuk suatu kerajaan koloni yang mencakup Hawaii, Tahiti, Samoa, dan Selandia Baru.
b)   Perjuangan Negara New Zealand dalam memperoleh kemerdekaan dari Inggris
Orang-orang Inggris yang datang ke Selandia Baru semakin banyak. Kedatangan mereka membuat suku Maori merasa terdesak, apalagi setelah kematian Hobson tahun 1843 membuat pertikaian suku Maori dengan para pendatang semkin meruncing. Setelah orang-orang kulit putih berkuasa, mereka memisahkan diri dengan kelompok suku Maori. Pada tahun 1860-1870, Inggris mengeluarkan UU baru mengenai penduduk suku Maori boleh meminjam uang ke pada suku kulit putih, namun pada kenyataannya UU itu tidak berjalan dengan baik sehingga terjadi pertempuran kembali di Taranaki pada 1860, pada pertempuran ini pemerintahan Inggris meminta suku Maori untuk menjual tanah pada pihak koloni. Hal ini entu saja membuat suku Maori meradang.
Setelah berulang kali bertempur, akhirnya pemimpin-pemimpin suku Maori berhasil ditaklukan. Akan tetapi kekalahan suku Maori tidak membuat mereka putus asa, para pemimpin muda yng telah mendapat pendidikan membentuk “ Artei Maori Muda”  dan berjuang kembali mebangun keagungan suku Maori di masa lampau melalui perjuangan diplomasi. Berkat penjuangan mereka menyuarakan hak mereka ke pemerintahan Inggris, maka membuahkan hasil dengan diberikannya 4 buah kursi dalam perlamen yang mewakili Maori. Akhirnya terbentukalah dominion Selandia Baru.
c)    Keuntungan yang diterima oleh New Zealand sebagai Negara persemakmuran
Setelah negara-negara jajahan Britania mencapai kemerdekaan, Persemakmuran telah didirikan untuk menyatukan negara-negara bekas jajahan Britania ini. Keuntungan New Zealand sebagai negara persemakmuran adalah Ratu Elizabeth sebagai Gubernur Jenderal memberikan persetujuan kepada Undang-Undang baru, melantik Perdana menteri terpilih dan para pejabat. Politik luar negeri lebih banyak dalam rangka mendukung politrik dalam negeei, hubungan tradisionla denag Inggris pun masih sangat kuat. Sebagai negara di Pasifik Selatan Selandia Baru membangun hubungan sejarah denagn negara-negara di kawasan ini dan diperkokoh melalui ikatan politik maupun ekonomi. Hubungan denagn Australia juga merupakan hubungna sejarah yang dibina erat melalui konsultasi dan kerjasam di berbagai bidang. Intinya negar ini maju dalam politik,ekonomi dan lain-lain.
d)   Hubungan kongkrit New Zeland dengan Indonesia
Hubungan khusus dengan Indonesia mulanya terbangun dalam kerjasama ASEAN, Selanda Baru menaruh perhatian pada Indonesia karena melihat peranan positif Indonesia sebagai Anggota ASEAN, hubungan kerjasama ekonomi relative masih kecil, walaupun ada beberapa kerjama bilateral dalam pembangunan proyek dan investasi Selanda Baru di Indonesia namun tidak terlalu signifikan. Hubungan pertahanan dan keamanan dilakukan dengan latihan-latihan bersama baik oleh angkatan Laut dan angkatan Udara, hal ini terjadi karena Selandia Baru mengganggap pentingnya posisi Indonesia dalam aris pertahanan mereka terhadap kawasan Utara yaitu Asia Tenggara. Hubungan di bidang perdagangan juga masih relative kecil walaupun ada peningkatan kea rah perbaikan.
3.     Oceania adalah sebuah kawasan yang secara geografis sangat berdekatan dengan Indonesia, sehingga wilayah ini perlu kita kaji dan pelajari lebih mendalamam.
a.    Perlu mempelajari kawasan Oceania, karena:
Kawasan Oceania perlu dipelajari karena Oceania merupakan kawasan yang luas di Samudera Pasifik terbentang dari Hawaii sampai Selandia Baru dan dari Papua Nugini sampai ke pulau Paska. Selain itu, Oceania merupakan wilayah yang berada di garis lempeng Pasifik yang sangat tidak stabil sering dilanda gempa dan letusan gunung berpi dampak lain yaitu kaya akan sumber daya alam seperti minyak bumi, nikel, emas, tembaga, dll. Oleh karena itu, kita perlu mempelajari Oceania agar dapat menanggulang bencana yang terjadi sehingga sumber daya alamnya tetap dapat diolah sebagaimana mestinya.
b.   Bandingkan tiga kebudayan besar di kawasan oceania
*   Kebudayaan Melanisia
Penduduk Melanisia yang mendiami kepulauan Irian telah membawa kebudayaan Paleolitikum (batu tua), menjelang 5000 SM memasuki kebudayaan Neolitikum (batu muda), dan kebudayaan baru dibawa oleh orang-orang Cina Selatan Vietnam Utara. Pada masa ini mereka mulai menetap dan menggantungkan hidup di daerah pantai dan perikanan. Cara berpakaian kaum laki-laki menggunakan Koteka dan kaum wanita menggunakan anyaman serat tanaman yang dililitkan di sekitar pinggang dan alat-alat kerja masih terbuat dari batu. Sebagian besar dari mereka menganut animisme
*   Kebudayaan Mikronesia
Orang-orang Mikronesia memiliki kemampan menganyam dan tenun, orang-orang Kiribati pandai membuat baju pelindung semacam zirah terbuat dari sebrabut kelapa. Kepercayaan Mikronesia barupa animisme. Pemujaan tempat suci dilakukan oleh “Syaman” yaitu perantara atau medium atau roh-roh yang beritindak sebagai pendeta.
*   Kebudayaan Polinesia
Bahasa yang digunakan oleh orang Polinesia kurang lebih sebanyak 16 bahasa dari satu rumpun, yaitu antara lain Samoa, Tahiti, Tonga, Hawaii, Maori.
c.    Jelaskan Isu terpenting di kawasan tersebut
Pada kenyataannya kebudayaan-kebudayaan ini tidak terlepas dari penjajahan bangsa Barat ke daerah Oceania itu sendiri dengan melakukan pelayaran dengan misi-misi tertentu. Spanyol dan Portugis  mencari suber-sumber rempah-rempah dan Inggris dengan misi ilmu pengetahuan serta mencari Terra Incoqnito atau benua selatan. Penemu-penemu Mikronesia, Melanesia dan Polinesia pun meruapakan orang-orang dari Eropa. Selain para pelaut, misionaris kristen yang mewakili gereja Puritan dan Fundementalis Eropa juga telah melakukan pelayaran ke Oceania pada akhir abad ke 18 dan 19 untuk misi keagaamaan. Berbagai pealayaran bangsa Eropa dan misionarius tersebut menjadi jembataan bagi penguaasaan wilayah Oceania oleh bangsa Eropa dan Amerika samapai abad ke 20an, barulah Oceania menjadi negara-negara merdeka.
4.     Melanesia adalah salah satu kebudayaan yang ada di Oceania
a.    Negara-negara yang termasuk ras Melanisia, adalah:
b.   PNG, adalah Negara tetangga kita, coba uraikan sejarah singkat negara tersebut dan bagiamana hubungannya dengan Indonesia
Manusia yang menetap di Papua Nugini diduga dimulai sejak 50.000 tahun yang lalu. Penduduk kuno ini mungkin berasal dari Asia Tenggara, sementara mereka yang berasal dari Afrika telah hadir sejak 50.000 hingga 70.000 tahun yang lalu. Pulau Papua adalah salah satu benua pertama setelah Afrika dan Eurasia yang dihuni oleh manusia modern, dengan migrasi pertama pada waktu kurang lebih sama dengan yang di Australia. Pertanian dikembangkan secara mandiri di dataran tinggi Pulau Papua sekitar 7.000 SM, membuatnya menjadi salah satu dari sedikit daerah domestikasi tanaman asli di dunia. Migrasi utama penutur bahasa Austronesia datang ke daerah pantai sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan ini berkorelasi dengan pengenalan tembikar, babi, dan teknik-teknik memancing tertentu. Baru-baru ini, sekitar 300 tahun yang lalu, ubi jalar masuk Pulau Papua, yang telah diperkenalkan ke Maluku dari Amerika Selatan oleh kekuasaan kolonial dominan lokal, Portugal.[8] Panen ubi jalar yang meningkat telah mentransformasi pertanian tradisional secara radikal; ubi jalar menggantikan sebagian besar bahan pokok sebelumnya, talas, dan memberikan peningkatan yang signifikan pada populasi di dataran tinggi.
Manusia yang menetap di Papua Nugini diduga dimulai sejak 50.000 tahun yang lalu. Pulau Papua adalah salah satu benua pertama setelah Afrika dan Eurasia yang dihuni oleh manusia modern, dengan migrasi pertama pada waktu kurang lebih sama dengan yang di Australia. Pertanian dikembangkan secara mandiri di dataran tinggi Pulau Papua sekitar 7.000 SM, membuatnya menjadi salah satu dari sedikit daerah domestikasi tanaman asli di dunia. Migrasi utama penutur bahasa Austronesia datang ke daerah pantai sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan ini berkorelasi dengan pengenalan tembikar, babi, dan teknik-teknik memancing tertentu.
Paro utara negara ini dikuasai Jerman pada tahun 1884 sebagai Nugini Jerman. Selama Perang Dunia I, wilayah itu diduduki Australia, yang telah mulai memerintah Nugini Britania, yaitu bagian Selatan, dengan mengembalikan nama semulanya menjadi Papua pada tahun 1904. Setelah Perang Dunia I, Australia diberi mandat untuk memerintah bekas Nugini Jerman oleh Liga Bangsa-Bangsa. Sebaliknya, Papua dianggap sebagai Wilayah Eksternal Persemakmuran Australia, meskipun secara hukum masih milik Britania, sebuah isu yang penting bagi sistem hukum negara itu pasca-kemerdekaan 1975. Perbedaan dalam status hukum memberikan arti bahwa Papua dan New Guinea memiliki pemerintah yang sepenuhnya terpisah, yang kedua-duanya dikendalikan oleh Australia.
Kemerdekaan tanpa peperangan dari Australia, kekuatan metropolitan de facto, muncul pada 16 September 1975, dan tetap bertalian dekat (Australia masih menjadi penyumbang bantuan dwipihak terbesar bagi Papua Nugini). Hubungan PNG dengan Indonesia adalah Hubungan antara RI dan Papua New Guinea sampai saat ini didasarkan pada good will dan bukan atas perjanjian resmi/ekstradisi. Bahkan Warga Negara PNG pun ada yang melintas ilegal masuk ke Papua Indonesia karena perkawinan campur. Mereka masih menetap di wilayah Indonesia berikut anak-anak yang lahir dari perkawinan ini. Pemerintah RI masih memberikan kesempatan kepada mereka untuk kembali lagi ke negara PNG tanpa paksaan untuk melepaskan kewarganegaraan asalnya. Persoalan memang terletak pada anak-anak yang lahir dari perkawinan campuran, dimana kedatangan warga PNG itu ilegal ke wilayah Papua Indonesia.
c.    Sejarah negara FIJI, mengapa Negara ini disebut sebagai Negara kudeta
Fiji ditemukan oleh penjelajah Belanda Abel Tasman ketika ia berusaha menemukan Benua Selatan Besar pada 1643. Namun baru pada abad ke-19 orang-orang Eropa itu tiba di kepulauan ini untuk menetap di sana secara permanen. Kepulauan ini jatuh ke tangan Britania Raya sebagai koloni pada 1874. Pada 1970 Fiji mendapatkan kemerdekaannya. Pemerintahan demokratis mengalami interupsi oleh dua kudeta militer pada 1987, yang disebabkan keprihatinan bahwa pemerintah pada waktu itu akan didominasi oleh komunitas Indo-Fiji (India). Akibat dari kudeta kedua pada 1987 ialah bahwa Monarkhi Britania dihapuskan, Gubernur Jenderalnya digantikan oleh seorang Presiden non-eksekutif, dan nma lama negara itu berubah dari Dominion Fiji menjadi Republik Fiji (kemudian berubah lagi menjadi Republik Kepulauan Fiji pada 1997).
Sebuah konstitusi 1990 menjamin etnik Fiji kekuasaan atas Fiji, namun hal ini menyebabkan emigrasi besar-besaran masyarakat keturunan India; kehilangan ini menyebabkan kesulitan ekonomi, namun menjamin bahwa bangsa Melanesia akan menjadi mayoritas. Amandemen yang diberlakukan pada 1997 menjadikan konstitusi lebih setara. Pemilu yang bebas dan damai pada 1999 menghasilkan pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Indo-Fiji. Setahun kemudian, ia digulingkan dalam sebuah kudeta yang dipimpin oleh George Speight, seorang nasionalis Fiji garis keras. Demokrasi dipulihkan menjelang akhir 2000, dan Laisenia Qarase, yang telah memimpin pemerintahan sementara saat itu, terpilih sebagai Perdana Menteri. Keanggotaan Fiji di Persemakmuran dikenai sanksi karena kegiatan-kegiatan yang anti-demokratis sehubungan dengan kudeta 2000.
Fiji disebut sebagai negara Kudeta karena Di tengah munculnya spekulasi bahwa kudeta militer tinggal sejengkal lagi, militer Fiji memasuki dan menguasai ibukota negara itu, Suva. Sebelum memasuki ibukota, mereka menyatroni satu-satunya pos polisi di luarkota guna melucuti senjata polisi. Menurut komandan pasukan, langkah itu dilakukan guna mencegah polisi menghalang-halangi tindakan militer. Setelah itu militer menutup jalan-jalan di sekitar Suva, memasang blokade dan menutup pintu masuk ke ibukota negara kepulauan itu. Namun Bainimarama menolak tindakannya disebut sebagai upaya kudeta terhadap Perdana Menteri Laisenia Qarase. Ia hanya mengancam Qarase yang berniat memberi pengampunan kepada orang-orang yang berada di balik kudeta tahun 2000.
Fiji adalah negara yang terdiri dari pulau-pulau dengan luas wilayah 18.274 kilometer persegi dan terletak di barat daya Samudera Pasisik. Negara bekas koloni Inggris yang merdeka 10 oktober 1970 ini harus berjibaku membangun pemerintahannya yang kukuh setelah beberapa kali diterjang kudeta militer.
5.     Polynesia adalah ras kedua yang ada di Oceania, tetapi ras ini memiliki ciri-ciri yang cendrung berbeda dengan dua ras besar di Oceania.
a.    Coba anda uraikan kelebihan ras ini dibandingkan dua ras lainnya
Kelebihan ras Polinesia dibnading kedua ras lainnya yaitu dimana pada ras ini memiliki satau bahasa dasar, sistem social dan sistem kepercayaan agama yang sama sedangkan seperti yang kita ketahui bahwa di Polinesia memiliki 16 bahasa yang berasal dari satu rumpun, yaitu antara lain Samoa, Tonga, Tahiti, Hawaii dan Maori tetapi mereka hanya memakai satu bahasa saja, kita juag dapat menyimpulkan bahwa ras Polinesia ini merupakan ras yang hidup dalam kerukunan dan kedaamaian berbeda denagn ras Melanesia yang masih memiliki dan menganut paham Kanibalisme yang saling memakan manusia apabila ketika mereka berperang dan yang kalah akan dimakan oleh si pemenang tersebut disini dapat kita simpulkan bahwa adanya ketidak persatuan antara golongan dalam masyarakat Melanesia itu sendiri. Kalau dilihat dari ras Mikronesia, Mikronesia ini bisa dibilang kelompok yang mementingakn diri sendiri sebagai contoh yaitu pada sistem pekerjaan, pekerjaan akan cepat selesai dan ringan jika dikerjakan secara bersama akan tetapi dalam hal pekerjaan di Mikronesia ini hanya dikerjakan oleh sendiri dan siapa yang sedang memerlukannya saja. Tentuya sangat berbeda dengan ras Polinesia.
b.   Negara-negara yang termasuk ras Polynesia, adaah:
American Samoa, Cook Island, French Polynesia, Hawai, New Zealand, Niue dan Pulau Paskah, Pitcairn Island, Samoa, Tonga, Tuvalu, Wallis, dan Futuna.
c.    Mengapa Hawai menjadi Negara bagian dari Amerika Serikat, Jelaskan keuntungan negara tersebut menjadi Negara bagian AS
Hawaii adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat. Sejarah kepemimpinan Hawaii masih diteruskan oleh beberapa nama besar kerabat keluarga Kamehameha seperti Lunalilo, Kalakaua, Liliuokalani, hingga akhirnya masuk dalam himpunan negara jajahan Amerika Serikat pada tahun 1900, dan disahkan sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-50, pada 21 Agustus 1959.
Pada kongres besar 1993, Presiden Clinton pernah meminta maaf kepada seluruh suku bangsa Hawaii, atas musnahnya dinasti kerajaan Hawaii. Hawaii merupakan salah satu pulau wisata papan atas di dunia, potensi keindahan alam serta wisata bahari yang "super indah" menjadikan Hawaii terkenal keseluruh pelosok dunia.
Keuntungan yang didapat Hawaii ketika menjadi negara bagian Amerika adalah Hawaii tentu dapat dijaga dengan baik, hal ini dikarenakan Amerika merupakan negara yang kaya serta adikuasa sehingga Hawaii akan terjaga kelestariannya dan terbebas dari penjajahan.
6.     Mikronesia adalah ras campuran dari dua ras besar di Oceania.
a.    Negara-negara yang termasuk ras Mikronesia, adalah:
Kepulauan Caroline, Palau, Guam, Mariana, Marshall, dan Kepulauan Nauru.
b.   Jelaskan mengapa Kiribati adalah Negara yang paling merasakan efek dari global warming
Kiribati merupakan negara yang paling merasakan efek global warming karena terletak di Samudra Pasifik. Ketigapuluh tiga atol negara ini tersebar sepanjang 3.500.000 km² di dekat khatulistiwa.
Banaba adalah sebuah pulau karang yang telah ditinggikan yang pernah kaya akan fosfat, namun semuanya telah habis ditambangkan sebelum kemerdekaan. Sisa tanah di Kiribati terdiri dari pasir dan kepulauan-kepulauan batu karang yang kecil yang terdiri dari atol atau pulau-pulau karang yang tingginya hanya beberapa meter di atas permukaan laut. Tanahnya tipis dan berkapur, sehingga sulit untuk bercocok tanam. Oleh sebab itu negara Kiribati sangat merasakan dampak Global Warming.

0 komentar:

Poskan Komentar